Melirik Kinerja PT BPR Solok Sakato

///Melirik Kinerja PT BPR Solok Sakato///
//Asset Tumbuh 9,99%, Laba Tumbuh 23,54 %//
Pertumbuhan labanya jauh melampaui pertumbuhan assetnya. Itulah yang terlihat dari kinerja PT BPR Solok Sakato tahun buku 2023. Total Asset tercapai Rp 36,6 Miliar, realisasi Kredit sebanyak Rp 28,9 Miliar, Dana Pihak Ketiga sebanyak Rp 28,1 Miliar dan Laba Bersih Usaha sebanyak Rp 829 juta atau tumbuh 23,54 persen secara year on year.
Laporan –Two Efly, Solok
PT BPR Solok Sakato berhasil mempertahankan kinerja positifnya kembali ditahun 2023. Buktinya, untuk kesekian kalinya BPR yang beroprasional di wilayah Kota Solok ini mampu mempertahankan pertumbuhan usahanya double digit, peningkatan Kualitas Aktiva Produktif dan besaran Laba Bersih Usahanya.
“Alhamdulillah tahun 2023 kita masih mampu mempertahankan trend pertumbuhan usaha. Seluruh indikator usaha kita bertumbuh double digit. Per 31 Desember 2023 tercatat total Asset sebanyak Rp 36,6 Miliar, realisasi Kredit sebesar Rp 28,9 Miliar, Dana Pihak Ketiga sebanyak Rp 28,1 Miliar. Sementara itu Laba Bersih Usaha berhasil ditingkatkan dari Rp 671 juta ditahun 2022 naik menjadi Rp 829 juta ditahun 2023 atau tumbuh 23,54 peraen secara year on year”, ujar Direktur Utama PT BPR Solok Sakato Afdhal Zubir yang didampingi Direkturnya Syamsurizal kepada Padang Ekspres kemarin.
Menurut Afdhal, berhasilnya manajemen mempertahankan trend pertumbuhan usaha doubke digit berkat kerja keras team work dan berjalannya semua rencana kerja yang tertuang dalam Rencana Bisnis Bank (RBB). Ini dapat dilihat dari pertumbuhan usaha yang tercapai rata rata double digit. Mulai dari pertumbuhan Asset, Kredit, Dana hingga ke petumbuhan laba usaha.
Asset dan Dana
Dari audit yang dilakukan akhir tahun 2023 tercatat total asset PT BPR Solok Sakato sebanyak Rp 36,6 miliar. Capaian asset ini bertumbuh 9,99 persen secara year on year. Realisaai asset ini juga mencapai target RBB tahun 2023.
Bertumbuhnya asset tak terlepas dari membaiknya kinerja kredit dan kinerja dana. Total Dana Pihak Ketiga yang mampu di himpun selama tahun 2023 tercatat Rp 28,1 Miliar atau tumbuh 24,93 persen secara year on year.
Dari dua produk penghimpun dana, keduanya sama sama mengkontribusi pertumbuhan. Total dana tabungan yang mampu dihimpun selama tahun 2023 sebanyak Rp 14,41 Miliar atau tumbuh 38,02 persen secara y-o-y. Sementara itu dana deposito terhimpun sebanyak Rp 13,7 Miliar atau tumbuh 13,63 persen secara year on year.
Kredit dan Pendapatan
Trend positif dibidang tressury berhasil diimbangi dengan pertumbuhan kredit. Hingga akhir tahun 2023 tercatat total kredit yang mampu di salurkan sebanyak Rp 28,9 Miliar. Realisasi Kredit ini bertumbuh 5,50 persen dibandingkan realisasi kredit tahun 2022 yang lalu.
Bertumbuhnya kredit tentulah berdampak pada peningkatan pendapatan. Pendapatan bunga kontraktual selama tahun 2023 tercatat sebanyak Rp 4,8 Miliar. Realisasi pendapatan bunga ini tumbuh 20,79 persen secara year on year. Sementara itu pendapatan lainnya tercatat sebanyak Rp 219 juta.
“Total Pendapatan Operasional (PO) yang mampu kita bukukan selama tahun 2023 tercatat sebanyak Rp 5,1 Miliar. Realisasi pendapatan operasional ini bertumbuh 19,15 persen secara year on year”, ujar Afdhal.
NPL, BOPO dan Laba
Trend positif usaha ini juga mampu di imbangi dengan peningkatan Kualitas Aktiva Produktif (KAP). Sejumlah indikator utama KAP ini terpantau kian membaik.
Sebut saja kualitas Kredit. Per 31 Desember 2023 ratio Non Perfomance Loan sebesar 3,48 persen. Sementara itu rasio biaya terpantau sangat bagus sekali dengan capaian ratio Biaya Operasional berbanding Pendapatan Operasional (BOPO) sebesar 81,16 persen. Besaran BOPO ini terbilang sangat bagus untuk BPR yang tersandera dengan dana mahal.
” Asset yang bertambah, kredit yang bertumbuh, pendapatan operasional yang meningkat dan biaya operasional yang terkendali inilah memberikan dampak positif pada kinerja laba. Laba bersih usaha per 31 Desember 2023 tercatat sebesar Rp 829 juta atau bertumbuh 23,54 persen secara year on year. Realisasi laba ini juga mencapai target yang dituangkan dalam RBB.
Dari data yang dimiliki Padang Ekspres, PT BPR Solok Sakato merupakan salah satu BPR yang semenjak beberapa tahun belakangan berkinerja sangat bagus. BPR yang berkantor pusat di Kota Solok ini juga sering mendapat apresiasi atas kinerja terbaiknya. Teranyarnya BPR Solok Sakato berhasil meraih Golden Award Info Bank sebagai apresiasi atas kinerja bagus selama lima tahun berturut turut oleh majalah Infobank.
“Atas nama manajemen kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh stake holder. Semoga saja ditahun 2024 ini BPR Solok Sakato bisa jauh lebih baik lagi”, tukas Afdhal. ***

Related Blog

Leave a CommentYour email address will not be published.